Jumat, 24 Februari 2012

sistematika


PRODUK BLOK (TUTORIAL)

1.2.1. LAPORAN KELOMPOK  setelah selesai tutorial
Merupakan hasil diskusi setiap pemicu, yang menggambarkan pemahaman materi dan pencapaian sasaran pembelajaran dalam pemicu. Laporan kelompok harus meliputi:
BAB I. Pendahuluan
a. Penulisan kasus
b. Daftar kata sulit
c. Daftar petanyaan
BAB II Pembahasan
a. Jawaban kata sulit

Contoh :  /.
1. Respiration rate = frekuensi nafas (Oxford English Dictionary, 2006)
b. Jawaban pertanyaan

Contoh :
4.1.Apakah hygiene itu ?
Hygine adalah kebersihan diri pada seseorang (Fundamental Keperawatan, 2005)
 
Syaraf Terdpt dikulit dermis
 
BAB III. Bagan/Skema/konsep solusi






Anatomi & fisiologi integumen
 


 

 




KETERANGAN MATERI
5.      Daftar Pustaka 
(Nama, Tahun, penerbit, tempat ; Tex Book)
(Nama, Tahun, WEB, Diakses tanggal : Internet)
(Nama, Tahun ; koran)
(Nama, tahun : Jurnal)
6.      Refrensi pustaka (fotokopian/ketikan) wajib dilampirkan


LAPORAN KELOMPOK I
SISTEM INTEGUMEN  & Personal hygiene
Makalah tutorial blok IV
PENYUSUN
1.
2.
3.... dst
PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
STIKes SANTA ELISABETH MEDAN


 
 












Jumlah halaman min. 10 lembar, ketikan 1,5 spasi, Font timenewroman, size 12, kertas A4, dijilid rapi dan cover makalah menggunakan kertas bufalo berwarna biru, naskah asli bukan foto kopi disertakan soft copy CD. Laporan dikumpulkan kepada Tim Blok paling lambat pada awal pemicu baru lalu diserahkan kepada koordinator blok untuk dievaluasi dan dinilai. 

Tempat pengumpulan di ruang dosen TIM BLOK di letakkan di tempat yang sudah disediakan dan jangan lupa untuk menandatangani bukti penyerahan tugas yang sudah disediakan/buku. diskusi mahasiswa sesuai dengan apa yang dipelajari mahasiswa dalam belajar mandiri. Setiap mahasiswa wajib mempunyai fotokopian Log book yang ditulis dengan tulisan tangan sekretaris yang kemudian digunakan untuk mencatat informasi yang ditemukan dan bukan merupakan catatan hasil bagi tugas melainkan keseluruhan catatan hasil temuan informasi yang berkaitan dengan pembahasan learning issue/s dan pencapaian sasaran pembelajaran. Log book dievaluasi dan dinilai oleh Fasilitator pada saat diskusi kelompok 2

FORMAT MAKALAH
COVER DEPAN
KATA PENGANTAR
BAB I Pendahuluan
1.1.Latar Belakang (Masukan Fakta Sekarang)
1.2.Manfaat dan Tujuan Makalah.
BAB II Tinjauan Teori
1.1.            Pengertian
1.1.1. Menurut Kamus
Menurut Marlyn Donges Kebutuhan  adalah harus dipenuhi oleh setiap  orang (Mrlyn, 2005 : 13)
1.1.2.  Menurut Ahli
Elly  : Kebutuhan adalah hal mendasar (Elly, 2005 :302)
1.1.3.         Menurut Setiap Anggota klp & Kes.Klp
Alex  Kebutuhan adalah kebutuhan dasar harus dipenuhi ” (2012)
Tantry kebutuhan adalah kebutuhan dasar yang tidak harus dipenuhi.” (2012)
1.2.            Konsep medik
1.2.1.      Anatomi
1.2.2.      Fisiologi
1.2.3.      Tanda-tanda kelainan
1.2.4.      Bagan skema
1.3.            Konsep asuhan keperawatan
1.3.1.      Pengkajian
1.3.2.      Diagnosa keperawatan
1.3.3.      Rencana tindakan
1.3.4.      Evaluasi
1.3.5.      Discharge planing
1.3.6.      Dokumentasi       
BAB III Penutup
       3.1. Kesimpulan (Bukan Ringkasan)
3.2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN (foto copy materi) / Masukkan kedalan CD
Jumlah halaman min. 10 lembar, ketikan 1,5 spasi, Font timenewroman, size 12, kertas A4, dijilid rapi dan cover makalah menggunakan kertas bufalo berwarna biru, naskah asli bukan foto kopi disertakan soft copy CD. MAKALAH KELOMPOK DIKUMPUL kepada dosen tutorial 6 hari sebelum presentasi makalah (5 Maret 2012.  







FORMAT PENYUSUNAN RESUME

Laporan pribadi/individu setelah selesai tutorial ditulis di loog book
Merupakan hasil ringkasan materi setiap mahasiswa setiap mahasiswa selesai membahas pemicu dan satu pokok bahasan, yang menggambarkan pemahaman materi dan pencapaian sasaran pembelajaran dalam pemicu. RESUME harus meliputi:
BAB I. Pendahuluan
a.       Penulisan kasus
1.             Klarifikasi istilah sesuai topic pembelajaran.
Identifikasi dan klarifikasi istilah yang belum diketahui dalam scenario. Cari istilah yang belum diketahui dalam kamus terkait pembahasan.
2.             Definisi masalah.
Mendefinisikan masalah berdasarkan scenario. Tiap mahasiswa akan mempunyai perbedaan pandangan terhadap scenario dengan eksplorasi pertanyaan. Semua pertanyaan harus ditampung.
3.             Brainstorming
PEMECAHAN MASALAH YANG DIDISKUSIKAN PADA SAAT TUTORIAL.
4.             Analis masalah
Skema/BAGAN penjelasan masalah.
5.             Merumuskan tujuan belajar.
Tujuan belajar dirumuskan berdasarkan kesepakatan kelompok, dibawah supervise tutor. Minimal tujuan khusus TIK harus dicapai.
BAB II Self study
HASIL BELAJAR MANDIRI SETELAH TUTORIAL SELESAI (isi/merangkum materi yang dimengerti dan tidak dimengerti)
7.      Daftar Pustaka 
(Nama, Tahun, penerbit, tempat ; Tex Book)
(Nama, Tahun, WEB, Diakses tanggal : Internet)
(Nama, Tahun ; koran)
(Nama, tahun : Jurnal)
8.      Refrensi pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar