Senin, 13 Februari 2012

Silabus PDK


SILABUS

Mata Ajar                       : Pendidikan Dalam Keperawatan
Beban Studi                             : 3 SKS (2 T,  1 P)
Penempatan                             : Semestrer IV
Koordinator M.A.                   : Seri Rayani B., SKp
Nama Dosen/ tim dosen :  Seri Rayani B., SKp
                                         Lilis Novianingrum S.Kep., Ns.
                                        

a)      Deskripsi Cabang Ilmu
Fokus pada konsep dasar pendidikan berkaitan dengan hakekat manusia sebagai mahluk yang dapat / perlu pendidik. Prinsip pembelajaran di kelas dan institusi pelayanan pengelolaan proses pembelajaran dalam keperawatan

b)     Tujuan Mata Ajar

Setelah menyelesaikan Mata Ajar ini, mahasiswa mampu :

  1. Memahami konsep pendidikan dalam keperawatan
  2. Memahami teori pembelajaran dan praktik keperawatan
  3. Mamahami determinan pembelajaran
  4. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
  5. Memahami strategi pengajaran
  6. Memahami model pembelajaran yang bersifat umum
  7. Memahami  menyusun program pengajaran
  8. Menyusun  program pegajar secara sistematis
  9. Memahami  tehnik evaluasi hasil belajar
  10. Mendemonstrasikan strategi pengajaran
  11. Menyusun program pengajaran
  12. Menyusun tehnik evaluasi hasil belajar


c)      Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
  1. Pendahuluan
Konsep pendidikan dalam keperawatan
-          Pengertian pendidikan
-          Tujuan pendidikan
-          Fungsi dan  manfaat pendidikan dalam keperawatan
-          Peran perawat sebagai pendidik
-          Latar belakang perawat sebagai pendidik
-          Masalah terhadap pendidikan
-          Riset pada pendidikan
-          Hubungan pendidikan dengan profesi keperawatan

  1. Teori pembelajaran dan praktik keperawatan
a.       Teori pembelajaran
-          Teori pembelajaran behavioristik
-          Teori pembelajaran kognitif
-          Teori pembelajaran sosial
-          Teori pembelajaran psikomotorik
-          Teori pembelajaran psikodinamika
-          Teori pembelajaran humanistik
-          Teori berubah menurut Karl Kevin




b.      Perbandingan teori-teori dengan pembelajaran
c.       Prinsip-prinsip umum pembelajaran
-          Bagaimana pembelajaran berlangsung
-          Faktor-faktor penghambat dan mempermudah pembelajaran
-          Pembelajaran dan pengalaman
-          Pembelajaran dan berpikir
-          Pembelajaran dan pengetahuan

d.      Konsep mengajar
-          Kaitan konsep mengajar dan belajar
-          Dinamika pengajaran dan pembelajaran
-          Lingkungan klinis untuk pendidikan keperawatan
·         jenis lingkungan klinik
·         rasional penggunaan lingkungan klinik dalam pendidikan keperawatan
-          Penggembangan lingkungan belajar / tanggung jawab staf pengajar
-          Pemilihan lingkungan klinik
·         Kriteria pemilihan
·         Pasien
·         Staf
·         Sarana dan prasarana untuk peserta didik dan staf pengajar
·         Evaluasi lingkungan klinik

  1. Determinan pembelajaran
a.       Peran pendidik dalam pembelajaran
b.      Pengkajian peserta didik
c.       Pengkajian kebutuhan belajar
d.      Metode pengkajian kebutuhan pembelajaran
-          Percakapan informal
-          Wawancara terstruktur
-          Fokus group
-          Kuisioner dilengkapi sendiri
-          Tes
-          Observasi
-          Mengkaji kebutuhan pembelajaran staf keperawatan
·         Uraian tugas tertulis
·         Permohonan formal dan informal
·         Laporan penjaminan mutu
·         Pengauditan bagan
·         Peraturan dan ketetapan
-          Kesiapan belajar
·         Kesiapan fisik
·         Tolok ukur kemampuan
·         Konsistensi dalam tugas
·         Pengaruh lingkungan
·         Status kesehatan
·         Gander
·         Sistempendukung
·         Motivasi
·         Perilaku
·         Tahap perkembangan
-          Kesiapan pengalaman
·         Mekanisme koping yang lalu
·         Latar belakang budaya
·         Motivasi
-          Kesiapan pengetahuan
·         dasar pengetahaun yang ada
·         kemampuan kognitif
·         ketidakmampuan belajar
-          Gaya belajar
·         6 prinsip gaya belajar
·         Instrumen gaya belajar

-          Unsur lingkungan
·         Suara
·         Cahaya
·         Suhu
·         Desain
-          Unsur emosional
·         Motivasi
·         Ketekunan
·         Tanggung jawab
·         Struktur
-          Unsur sosiologi
·         Belajar sendiri
·         Kehadiran tokoh berwenang
·         Keragaman
-          Unsur fisik
·         Kekuatan persepsi
·         Asupan makanan
·         Waktu
·         Mobilitas

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
a.       Kemampuan mahasiswa
b.      Motivasi
c.       Perhatian
d.      Persepsi
e.       Ingatan
f.       Lupa
g.      Retensi
h.      Transfer
i.        Kondisi belajar
j.        Tujuan belajar
k.      Pemberian umpan balik

  1. Strategi Pengajaran
a.       Strategi langsung
b.      Pendekatan proses strategi pengajaran
c.       Tahapan belajar
d.      Tehnik pengajaran
e.       Tehnik penguatan
f.       Tehnik pertanyaan
g.      Tehnik penjelasan
h.      Tehnik membuka dan menutup
i.        Latihan  

  1. Model pembelajaran yang bersifat umum
a.       Model pengorganisasian
-          Ceramah
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Diskusi kelompok
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Seminar
·         Kapan digunakan
·         Keuntungan
·         Kerugian
·         Alat media

-          Simposium
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media

-          Panel diskusi
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Sidang
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Lokakarya
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media

b.      Model-model diskusi kelompok
-          Model kelompok curah pendapat “Brainstorming Group”
-          Model kelompok bebas “Bruzz Group”
-          Model studi kasus “Case Study”
-          Model kelompok silang pendapat “Croses Over Group”
-          Model diskusi kelompok bebas “ Free Group Discussion”
-          Model bermain peran “Role Play”
-          Model seminar group
-          Model simulation
-          ModelBimbingan belajar “Tutorial”
c.       Media Pembelajaran
d.      Latihan
  1. Menyusun program pengajaran
a.       Garis-garis besar program pengajaran (GBPP)
-          Tujuan instruksional  umum
-          Tujuan instruksional khusus
-          Pokok bahasa
-          Sub pokok bahasan
-          Deskripsi singkat
-          Estimasi waktu
-          Sumber kepsutakaan
-          Penutup
b.      SAP (Satuan Acara Pengajaran )
-          Kegiatan belajar mengajar
·         Tahap pendahuluan
·         Tahap penyajian
·         Tahap penutup
-          Media dan alat pengajaran
-          Evaluasi
·         Pengertian evaluasi
·         Tehnik evaluasi belajar
·         Tehnik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar
-          Referensi
-          Latihan






  1. Tehnik evaluasi hasil belajar
a.       Prinsip-prinsip dasar evaluasi hasil belajar
b.      Ciri-ciri evaluasi hasil belajar
-          Ranah kognitif,
-          Ranah afektif
-          Ranah psikomotorik sebagai obyek evaluasi hasil belajar
c.       Tehnik evaluasi hasil belajar disekolah
d.      Bentuk-bentuk dan fungsi evaluasi
-          Formatif
-          Sumatif
-          Prosedur evaluasi
e.       Latihan

d)     Buku Ajar yang Dianjurkan
1.       Bastable, Susan B. 2002; Perawat Sebagai Pendidik; Prinsip-prinsip Pengajaran dan Pembelajaran; Alih bahasa; Gerda wulandari; Jakarta, EGC.
2.       Relly, Dorothy E; 2002; Pengajaran Klinis dalam Pendidikan Keperawatan; alih bahasa; Enie Novieastari; Edisi 2; Jakarta; EGC.
3.       Soekamto, Toti ; Udin saipudin Winaputra; 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Buku IB. Dekdikbud
4.       Sudiyono Anas. 2004. Pengantar Evaluasi pendidikan. Edisi I. Cetakan I. Jakarta. PTRaja Grafindo Persada
5.       Herawani [et.al]. 2002. Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta. EGC.

e)      Proses Belajar
1.      Metode Pengajaran
a.       Kuliah Mimbar.
b.      Diskusi Kelompok.
c.       Tugas Mandiri.
2.      Sumber Pembelajaran.
Sumber pembelajaran yang menunjang pencapaian sasaran pembelajaran adalah :
a.       Buku Sumber.
b.      Perpustakaan.
c.       Laboratorium
3.      Media Intruksional.
Media instruksional yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran dalam rangka pencapaian sasaran pembelajaran adalah :
a.       OHP.
b.      OHT.
c.       White Board.
d.      LCD
e.       3 Dimensi
f)       Evaluasi
Intrumen evaluasi yang dipergunakan dalam proses pembelajaran sebagai berikut :
a.       Tugas               : Mandiri 10 %.
: Terstruktur 10 %.
b.      UTS                 : 25 %.
c.       UAS                : 30 %.
d.      Praktik             :  25 %
g)      Persyaratan Ujian
·         Kehadiran = 90  % boleh mengikuti ujian
·         Kehadiran = 75 % - 89,9 % boleh mengikuti ujian dengan penugasan
·         Kehadiran kurang dari 75 % tidak boleh mengikuti ujian



h)     Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut :
79 – 100                (4,00)               Nilai A
68 – 78                  (3,00)               Nilai B
56 – 67                  (2,00)               Nilai C
41 – 55                  (1,00)               Nilai D
0 – 40                    (0,00)               Nilai  E




































RENCANA/ JADWAL PEMBELAJARAN

Mata Ajar                      : Pendidikan Dalam Keperawatan
Beban Studi                             : 3 SKS (2 T,  1 P)
Penempatan                             : Semestrer IV
Koordinator M.A.                   : Seri Rayani B., SKp
Nama Dosen/ tim dosen :  Seri Rayani B., SKp
                                         Lilis Novianingrum S.Kep., Ns.

            
Hari / Waktu                  : Selasa       : 07.30 – 09.30 WIB
  Rabu         : 12.30 – 14.30 WIB.

Pert
Ke
Hari/ Tgl/ Jam
Pokok Bahasan/ Sub Pokok Bahasan

Metode
Dosen
1 & 2











1.      Pendahuluan
      Konsep pendidikan dalam keperawatan
-          Pengertian pendidikan
-          Tujuan pendidikan
-          Fungsi dan  manfaat pendidikan dalam keperawatan
-          Peran perawat sebagai pendidik
-          Latar belakang perawat sebagai pendidik
-          Masalah terhadap pendidikan
-          Riset pada pendidikan
-          Hubungan pendidikan dengan profesi keperawatan
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi

3









2.      Teori pembelajaran dan praktik keperawatan
  1. Teori pembelajaran

-          Teori pembelajaran behavioristik
-          Teori pembelajaran kognitif
-          Teori pembelajaran sosial
-          Teori pembelajaran psikomotorik
-          Teori pembelajaran psikodinamika
-          Teori pembelajaran humanistik
-          Teori berubah menurut Karl Kevin
  1. Perbandingan teori-teori dengan pembelajaran
  2. Prinsip-prinsip umum pembelajaran
-          Bagaimana pembelajaran berlangsung
-          Faktor-faktor penghambat dan mempermudah pembelajaran
-          Pembelajaran dan pengalaman

-          Pembelajaran dan berpikir
-          Pembelajaran dan pengetahuan

  1. Konsep mengajar
-          Kaitan konsep mengajar dan belajar
-          Dinamika pengajaran dan pembelajaran
-          Lingkungan klinis untuk pendidikan keperawatan
·         jenis lingkungan klinik
·         rasional penggunaan lingkungan klinik dalam pendidikan keperawatan
-          Penggembangan lingkungan belajar / tanggung jawab staf pengajar
-          Pemilihan lingkungan klinik
·         Kriteria pemilihan
·         Pasien
·         Staf
·         Sarana dan prasarana untuk peserta didik dan staf pengajar
·         Evaluasi lingkungan klinik
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi




4

3.      Determinan pembelajaran
a.       Peran pendidik dalam pembelajaran
b.      Pengkajian peserta didik
c.       Pengkajian kebutuhan belajar
d.      Metode pengkajian kebutuhan pembelajaran
-          Percakapan informal
-          Wawancara terstruktur
-          Fokus group
-          Kuisioner dilengkapi sendiri
-          Tes
-          Observasi
-          Mengkaji kebutuhan pembelajaran staf keperawatan
·         Uraian tugas tertulis
·         Permohonan formal dan informal
·         Laporan penjaminan mutu
·         Pengauditan bagan
·         Peraturan dan ketetapan
-          Kesiapan belajar
·         Kesiapan fisik
·         Tolok ukur kemampuan
·         Konsistensi dalam tugas
·         Pengaruh lingkungan
·         Status kesehatan
·         Gander
·         Sistempendukung
·         Motivasi
·         Perilaku
·         Tahap perkembangan




-          Kesiapan pengalaman
·         Mekanisme koping yang lalu
·         Latar belakang budaya
·         Motivasi
-          Kesiapan pengetahuan
·         dasar pengetahaun yang ada
·         kemampuan kognitif
·         ketidakmampuan belajar
-          Gaya belajar
·         6 prinsip gaya belajar
·         Instrumen gaya belajar
-          Unsur lingkungan
·         Suara
·         Cahaya
·         Suhu
·         Desain
-          Unsur emosional
·         Motivasi
·         Ketekunan
·         Tanggung jawab
·         Struktur
-          Unsur sosiologi
·         Belajar sendiri
·         Kehadiran tokoh berwenang
·         Keragaman
-          Unsur fisik
·         Kekuatan persepsi
·         Asupan makanan
·         Waktu
·         Mobilitas

Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi


5

4.      Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
a.       Kemampuan mahasiswa
b.      Motivasi
c.       Perhatian
d.      Persepsi
e.       Ingatan
f.       Lupa
g.      Retensi
h.      Transfer
i.        Kondisi belajar
j.        Tujuan belajar
k.      Pemberian umpan balik

Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi



6

5.      Strategi Pengajaran
a.       Strategi langsung
b.      Pendekatan proses strategi pengajaran
c.       Tahapan belajar
d.      Tehnik pengajaran
e.       Tehnik penguatan
f.       Tehnik pertanyaan
g.      Tehnik penjelasan
h.      Tehnik membuka dan menutup
i.        Latihan

Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi


7

6.      Model pembelajaran yang bersifat umum
a.       Model pengorganisasian
-          Ceramah
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Diskusi kelompok
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Seminar
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Simposium
·         Kapan digunakan
·         Keuntungan
·         Kerugian
·         Alat media

-          Panel diskusi
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Sidang
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
-          Lokakarya
·         Kapan digunakan
·         Keuntunan
·         Kerugian
·         Alat media
b.      Model-model diskusi kelompok
-          Model kelompok curah pendapat “Brainstorming Group”
-          Model kelompok bebas “Bruzz Group”
-          Model studi kasus “Case Study”
-          Model kelompok silang pendapat “Croses Over Group”
-          Model diskusi kelompok bebas “ Free Group Discussion”
-          Model bermain peran “Role Play”
-          Model seminar group
-          Model simulation
-          ModelBimbingan belajar “Tutorial”
c.       Media Pembelajaran
d.      Latihan

Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi

8

7.      Menyusun program pengajaran
a.       Garis-garis besar program pengajaran (GBPP)
-          Tujuan instruksional  umum
-          Tujuan instruksional khusus
-          Pokok bahasa
-          Sub pokok bahasan
-          Deskripsi singkat
-          Estimasi waktu
-          Sumber kepsutakaan
-          Penutup
b.      SAP (Satuan Acara Pengajaran )
-          Kegiatan belajar mengajar
·         Tahap pendahuluan
·         Tahap penyajian
·         Tahap penutup
-          Media dan alat pengajaran
-          Evaluasi
·         Pengertian evaluasi
·         Tehnik evaluasi belajar
·         Tehnik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar
-          Referensi
-          Latihan
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi


9





8.      Tehnik evaluasi hasil belajar
a.       Prinsip-prinsip dasar evaluasi hasil belajar
b.      Ciri-ciri evaluasi hasil belajar
-          Ranah kognitif,
-          Ranah afektif
-          Ranah psikomotorik sebagai obyek evaluasi hasil belajar
c.       Tehnik evaluasi hasil belajar disekolah
d.      Bentuk-bentuk dan fungsi evaluasi
-          Formatif
-          Sumatif
e.       Prosedur evaluasi
f.       Latihan
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi




Mengetahui,                                                    Medan,                        2012                                                                                                                                                                                             
Lilis Novianingrum S.Kep., Ns.                                              Seri Rayani B., SKp.
  Ka. Prodi S1 Keperawatan                                                     Koor. M.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar