Selasa, 14 Februari 2012

silabus manajemen


 SILABUS
Program Studi              : S1 Keperawatan
Mata Kuliah                 : Manajemen Keperawatan
Jumlah SKS                  : 5 SKS  
Penempatan                   : Semester VIII
Koordinator M.A.       : Seri Rayani B, SKp.                          (SB)
Dosen Pengasuh          : Sr. Godeliva FSE., S.Kep., Ns.        (Sr. G.)
                                      Ibu Linda Sitanggang, SKp., M.Kep.  (LS)
                                      Ibu Liberta, S.Kep., M.Kes.             (LI)
   
           
Deskripsi Mata Kuliah
Manajemen keperawatan mempelajari bagaimana mengelola sekelompok perawat dengan menggunakan fungsi manajemen  sehingga dapat memberikan asuhan keperawatan  pada pasien. Fokus cabang ilmu membahas tentang teori-teori manajemen dan kepemimpinan untuk memberikan asuhan keperawatan  kepada pasien. Penekanannya meliputi penggunaan keterampilan manajemen dan kepemimpinan dalam usaha memberikan asuhan kepada pasien secara menyeluruh dalam manajemen pelayanan keperawatan dan dalam memprakarsai perubahan yang efektif dalam sistem asuhan keperawatan. Bentuk pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi, dan praktik laboratorium. Seminar digunakan untuk mensintesis konsep-konsep dari mata ajaran pokok.   
Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip kepemimpinan dan manajemen keperawatan, mampu menerapkan prinsip dan keterampilan kepemimpinan dan manajemen  dalam memberikan asuhan pelayanan keperawatan  kepada pada pasien. 
Tujuan mata kuliah
1.      Memahami tentang konsep dasar manajeman dalam paradigma keperawatan
2.      Memahami kerangka konsep, filosofi, dan tujuan manajeman keperawatan
3.      Memahami prinsip kepemimpinan dalam manajeman
4.      Memahami Struktur Organisasi keperawatan
5.      Memahami rekrut seleksi, orientasi, penjadwalan dan perencanaan tenaga keperawatan  
6.      Memahami konsep motivasi dan hubungannya dengan kepuasan kerja
7.      Memahami perencanaan dalam manajeman; aplikasi rencana strategi
8.      Memahami manajemen  konflik dan menegakkan strategi penyelesaian konflik
9.      Memahami sistem pengorganisasian asuhan keperawatan  
10.  Memahami konsep dan prinsip, dan kewenangan  dalam pendelegasian dan supervise
11.  Memahami Sistem klasifikasi pasien dalam ruang lingkup manajeman keperawatan  
12.  Memahami konsep dan penilaian mutu asuhan keperawatan
  

13.  Memahami dan mampu mempraktekkan ronde keperawatan
14.  Memahami peran pemimpin dalam memanajemen konflik dalam Organisasi keperawatan
15.  Memahami pelaksanaan asuhan keperawatan  metode fungsional
16.  Memahami pelaksanaan asuhan keperawatan  metode team
17.  Memahami pelaksanaan asuhan keperawatan  metode primer (modifikasi)
18.  Memahami peran delegasi dan supervisi dalam manajeman keperawatan  

 Pokok bahasan dan sub pokok bahasan
I.       Konsep dasar manajeman dalam paradigma keperawatan
  1. Pengertian manjemen
  2. Prinsip umum manajemen  
  3. Peranan manajemen dalam keperawatan  
  4. lingkup manajemen keperawatan :
    • manajemen operasional
    • manjemen asuhan keperawatan
II.    Kerangka konsep, filosofi, dan tujuan manajeman keperawatan
  1. Pengertian visi, misi, dan tujuan keperaawatan
  2. Pengertian manajemen keperatan  
  3. kerangka konsep dasar dalam manajemen keperatan    
  4. Pengertian filosofi
  5. Pengertian filosofi manajemen  
  6. Komponen sistem (input, proses, output, kontrol, dan feed back mechanism)
  7. proses manajemen keperatan   
III.  Prinsip kepemimpinan dalam manajemen keperatan   
  1. Pengertian kepemimpinan
  2. Teori kepemimpinan
a.       Teori Scientific management (Taylor0
b.      Teori Contingency (Fiedler)
c.       Teori great Man theory (bolman and Deal)
d.      Teori Sifat Bawaan dan Teori X dan Y (Mc. Gregor)
  1. Gaya Kepemimpinan
a.       Gaya kepemimpinan otoriter
b.      Gaya kepemimpinan demokrasi
c.       Gaya kepemimpinan Partisipasif
d.      Gaya kepemimpinan Laissez Faire
  1. Peran dan fungsi pemimpin
  2. Kriteria pemimpin yang baik
  3. Peran dan fungsi kepala ruang sebagai pemimpin
IV. Struktur Organisasi keperawatan  
  1. Institusi organisasi keperawatan 
    • Rumah sakit; tipe A, B, C, D
    • Klinik
    • Health Management Organization
    • Home health
    • Public health
  2. struktur dan fungsi organisasi
    • organisasi kecil
    • growing
    • fully development


  1. Tipe Working relationship
  • Birokrasi
  • Organik network
  • Matriks
  1. Fungsi-fungsi dalam organisasi
  • Formal dan informal
  • Finansial gian
  • Efisiensi
  • Public image
  • Avoiding critism
  • Avoiding lawsuits
  • Meeting individual needs
  1. nursing care delivery system
  • case methode
  • fungsional methode
  • team nursing
  • primary nursing
  • nursing case management
  • patient focus care

V.    Rekrut seleksi, orientasi, penjadwalan dan perencanaan tenaga keperawatan 
  1. prinsip seleksi dan rekruitmen tenaga baru
a.       kebutuhan terhadap rekruitmen
b.      hal yang perlu diperhatikan dalam proses rekruitment: profil karyawan, program rekruitmen, program pengembangan tenaga baru, prosedur penerimaan
c.       syarat yang harus dipenuhi pada proses rekruitment
  1. orientasi pegawai baru
    • orientasi institusi
    • orientasi pekerjaan
  1. pengembangan tenaga baru
  1. penghargaan tenaga baru:
    1. promosi kenaikan pangkat
    2. mutasi
  1. hambatan dalam ketenagaan
a.       kemangkiran/absen
b.       keluar masuknya tenaga (Turn-Over)
c.        kejenuhan (burn Out)
  1. Penjadwalan karyawan




VI. Motivasi dan hubungannya dengan kepuasan kerja
  1. Pengertian motivasi
  2. Teori Motivasi
a.       Teori motivasi isi
    • Teori kebutuhan manusia dari A. Maslow
    • Teori X dan Y dari Mc Gregor
    • Teori 2 faktor dari F. Herzberg
    • Perbandingan ketiga teori
b.      Teori motivasi proses
·         Teori 3 kebutuhan dari Mc Clelland
·         Teori Keadilan dari J.S Adam
·         Teori harapan dari V. Vroom
·         Teori Z dari W. Ouchi
  1. Hubungan motivasi dengan kepuasan kerja
    • Kaitan tujuan dan motivasi
    • Cara menciptakan iklim motivasi
  1. Hubungan motivasi dan kepuasana kerja
    • Kaitan tujuan dan motivasi
    • Cara menciptakan iklim motivasi
    • Hubungan motivasi dan kepuasana kerja
VII.          Perencanaan dalam manajemen keperawatan ; aplikasi rencana strategi
  1. Konsep perencanaan  manajemen keperawatan
  2. Definisi dan pentingnya perencanaan dalam manajemen keperawatan  
  3. Komponen (5 W + 1 H) dan Kriteria Perencanaan (S ; Sistematis, M: Measurable, A: Accountable, R: Realistsi, T: Orientasi pd waktu)
  4. Lingkup aplikasi rencana strategi
    • Kabid
    • Kepala Bangsal
    • Pj shift
    • Ka Team
    • Pembimbing Klinik
  5. Perhitungan tenaga keperawatan   : Direktorat pelayanan keperawatan   Dirjen Pelayanan medik Depkes 2002
VIII.       Manajemen konflik dan menegakkan strategi penyelesaian konflik
  1. Pengertian konflik
  2. Penyebab konflik
  3. kategori konflik; intrapersonal, interpersonal, dan antar kelompok
  4. Proses konflik
    • Konflik laten
    • Felt konflik
    • Konflik yang nampak/sengaja dimunculkan
    • Resolusi konflik
    • Konflik’aftermath”



4. Strategi Penyelesaian Konflik:
  • Kompromi/negosiasi
  • Kompetisi
  • Akomodasi
  • Smoothing
  • Menghindar
  • Kolaborasi
IX. Sistem pengorganisasian asuhan keperawatan  
a.       menjelaskan sistem pengorganisasian asuhan keperawatan   metode fungsional
b.      Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode fungsional
c.       menjelaskan sistem pengorganisasian asuhan keperawatan    metode penugasan team
d.      menjelaskan sistem pengorganisasian asuhan keperawatan   metode kasus
e.       menjelaskan sistem pengorganisasian asuhan keperawatan    metode keperawatan   primer (MPKP)
    • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode fungsional
    • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode team
    • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode kasus
    • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode primer
    • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode primer modifikasi
    X.      Konsep dan prinsip, dan kewenangan  dalam pendelegasian dan supervisi
  1. Pengertian delegasi
  2. aspek penting dalam pendelegasian
  3. wewenang yang didelegasikan
  4. pengertian supervisi
  5. Fungsi dan tujuan supervisi
  6. prinsip supervisi
  7. teknik supervise
 XI.       Sistem klasifikasi pasien dalam ruang lingkup manajemen keperawatan
  1. Pengertian sistem klasifikasi pasien
  2. Tujuan sistem klasifikasi pasien
  3. kategori sistem klasifikasi pasien
  4. melakukan klasifikasi pada kasus
XII.       Konsep dan penilaian mutu asuhan keperawatan  
1.      Pengertian mutu
2.      pengertian mutu pelayanan kesehatan
3.      Dimensi mutu asuhan keperawatan  
4.      ciri mutu askep
5.      pengertian standar
6.      Tujuan SAK (Standar Asuhan keperawatan   ) : SK Dirjen Yanmed: YM.00.03.2.6.7637/1993)
7.      Komponen SAK (Standar I-VI)
8.      Pelaksanaan Evaluasi Penerapan SAK ; instrumen A, B, dan C
9.      Pelaksanaan Evaluasi Penerapan SAK ; instrumen A, B, dan C
XIII.      Mempraktekkan ronde keperawatan 
  1. Pengertian  ronde keperawatan 
  2. Tahapan ronde keperawatan 
  3. Hal yang dipersiapkan dalam ronde keperawatan 
  4. Komponen terlibat dalam ronde  keperawatan 
  5. prosedur pelaksanaan ronde keperawatan 
XIV.      Pemimpin dalam memanajemen konflik dalam Organisasi keperawatan 
  1. peran dan fungsi pemimpin
  2. strategi penyelesaian konflik; kompromi/negosiasi, akomodasi, kompetisi, dll
XV.      Pelaksanaan asuhan keperawatan   metode fungsional
  1. asuhan keperawatan  metode fungsional
  2. persiapan dalam pelaksanaan metode asuhan keperawatan  fungsional
  3. Prosedur pelaksanaan asuhan keperawatan   metode fungsional
XVI.      Pelaksanaan asuhan keperawatan  metode team
  1. asuhan keperawatan   metode team
  2. persiapan dalam pelaksanaan metode asuhan keperawatan   team
  3. Prosedur pelaksanaan asuhan keperawatan   metode team
XVII.      Pelaksanaan asuhan keperawatan  metode primer (modifikasi)
  1. asuhan keperawatan  metode team
  2. persiapan dalam pelaksanaan metode asuhan keperawatan  team
  3. Prosedur pelaksanaan asuhan keperawatan  metode team
XVIII.      Peran delegasi dan supervisi dalam manajemen
  1. Pengertian delegasi dan supervisi
  2. prinsip dan teknik supervisi
  3. prosedur delegasi dan supervisi dalam manajemen keperawatan

Buku Ajar yang Dianjurkan

  1. WHO. 1999. Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer. Jakarta: EGC
  2. Elaine L.La Monica. 1998. Kepemimpinan dan Managemen Keperawatan . Jakarta: ECG
  3. Azrul Azwar. 1998. Administrasi Kesehatan. Jakarta : Bina Aksara
  4. Nrsalam 2001. Manajemen Keperawatan: Aplikasi pada praktik Keperawatan Profesional. Jakarta Salemba Medika

Proses Belajar
  1. Metode Pengajaran
    1. Kuliah Mimbar
    2. Diskusi Kelompok.
    3. Tugas Mandiri.
  2. Sumber Pembelajaran.
Sumber pembelajaran yang menunjang pencapaian sasaran pembelajaran adalah :
1.      Buku Sumber.
2.      Perpustakaan.
3.      Laboratorium
  1. Media Intruksional.
Media instruksional yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran dalam rangka pencapaian sasaran pembelajaran adalah :
1.      OHP.
2.      OHT.
3.      White Board.
4.      LCD

Evaluasi
Intrumen evaluasi yang dipergunakan dalam proses pembelajaran sebagai berikut :
  1. Tugas               : Mandiri 15 %.
: Terstruktur 15 %.
  1. UTS                 : 30 %.
  2. UAS                : 40 %.

Persyaratan Ujian
·         Kehadiran = 90  % boleh mengikuti ujian
·         Kehadiran = 75 % - 89,9 % boleh mengikuti ujian dengan penugasan
·         Kehadiran kurang dari 75 % tidak boleh mengikuti ujian

Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut :
79 – 100                (4,00)               Nilai A
68 – 78                  (3,00)               Nilai B
56 – 67                  (2,00)               Nilai C
41 – 55                  (1,00)               Nilai D
0 – 40                    (0,00)               Nilai  E























RENCANA/ JADWAL PEMBELAJARAN

Program Studi              : S1 Keperawatan
Mata Kuliah                 : Manajemen Keperawatan
Jumlah SKS                  : 5 SKS  (2: Teori, 1 : Praktek Lab)
Penempatan                   : Semester VIII
Koordinator M.A.       : Seri Rayani B, SKp.                          (SB)
Dosen Pengasuh          : Sr. Godeliva FSE., S.Kep., Ns.        (Sr. G.)
                                      Ibu Linda Sitanggang, S.Kp., M.Kep. (LS)
                                      Ibu Liberta, S.Kep., M.Kes.             (LI)
.Hari                     :         Kamis, 07.30 – 09.30 WIB
Kamis, 12.30 – 14.30 WIB

Perte
Ke
Hari/ Tgl/ Jam

Pokok Bahasan/ Sub Pokok Bahasan

Metode
Dosen
I

Penjelasan silabus
Ceramah,
SB
II

I.       Konsep dasar manajeman dalam paradigma keperawatan
1.      Pengertian manjemen
2.      Prinsip umum manajemen
3.      Peranan manajemen dalam keperawatan 
4.      lingkup manajemen keperawatan :
·         manajemen operasional
·         manjemen asuhan keperawatan

Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi




Sr.G
III

II.    Kerangka konsep, filosofi, dan tujuan manajeman keperawatan
1.      Pengertian visi, misi, dan tujuan keperaawatan
2.      Pengertian manajemen keperatan 
3.      kerangka konsep dasar dalam manajemen keperatan   
4.      Pengertian filosofi
5.      Pengertian filosofi manajemen
6.      Komponen sistem (input, proses, output, kontrol, dan feed back mechanism)
7.      proses manajemen keperawatan
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi
Sr.G
IV

III. Prinsip kepemimpinan dalam manajemen keperatan  
1.      Pengertian kepemimpinan
2.      Teori kepemimpinan
a.       Teori Scientific management (Taylor0
b.      Teori Contingency (Fiedler)
c.       Teori great Man theory (bolman and Deal)
d.      Teori Sifat Bawaan dan Teori X dan Y (Mc. Gregor)
3.      Gaya Kepemimpinan
a.       Gaya kepemimpinan otoriter
b.      Gaya kepemimpinan demokrasi
c.       Gaya kepemimpinan Partisipasif
d.      Gaya kepemimpinan Laissez Faire
4.      Peran dan fungsi pemimpin
5.      Kriteria pemimpin yang baik
6.      Peran dan fungsi kepala ruang sebagai pemimpin
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi
Sr.G
V

IV. Struktur Organisasi keperawatan 
1.      Institusi organisasi keperawatan
·   Rumah sakit; tipe A, B, C, D
·   Klinik
·   Health Management Organization
·   Home health
·   Public health
2.      struktur dan fungsi organisasi
·         organisasi kecil
·         growing
·         fully development
3.      Tipe Working relationship
·         Birokrasi
·         Organik network
·         Matriks
4.      Fungsi-fungsi dalam organisasi
·         Formal dan informal
·         Finansial gian
·         Efisiensi
·         Public image
·         Avoiding critism
·         Avoiding lawsuits
·         Meeting individual needs

5.      nursing care delivery system
·         case methode
·         fungsional methode
·         team nursing
·         primary nursing
·         nursing case management
·         patient focus care
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi
LI
VI

V.    Rekrut seleksi, orientasi, penjadwalan dan perencanaan tenaga keperawatan 
1.      prinsip seleksi dan rekruitmen tenaga baru
a.       kebutuhan terhadap rekruitmen
b.      hal yang perlu diperhatikan dalam proses rekruitment: profil karyawan, program rekruitmen, program pengembangan tenaga baru, prosedur penerimaan
c.       syarat yang harus dipenuhi pada proses rekruitment
2.      orientasi pegawai baru
    • orientasi institusi
    • orientasi pekerjaan
3.      pengembangan tenaga baru
4.      penghargaan tenaga baru:
a.       promosi kenaikan pangkat
b.      mutasi
  1. hambatan dalam ketenagaan
a.       kemangkiran/absen
b.      keluar masuknya tenaga (Turn-Over)
c.       kejenuhan (burn Out)
  1. Penjadwalan karyawan
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi
LI


VII

VI. Motivasi dan hubungannya dengan kepuasan kerja
1.      Pengertian motivasi
2.      Teori Motivasi
a.       Teori motivasi isi
    • Teori kebutuhan manusia dari A. Maslow
    • Teori X dan Y dari Mc Gregor
    • Teori 2 faktor dari F. Herzberg
    • Perbandingan ketiga teori
b.      Teori motivasi proses
·   Teori 3 kebutuhan dari Mc Clelland
·   Teori Keadilan dari J.S Adam
·         Teori harapan dari V. Vroom
·         Teori Z dari W. Ouchi
3.      Hubungan motivasi dengan kepuasan kerja
·         Kaitan tujuan dan motivasi
·         Cara menciptakan iklim motivasi
4.      Hubungan motivasi dan kepuasana kerja
·         Kaitan tujuan dan motivasi
·         Cara menciptakan iklim motivasi
·         Hubungan motivasi dan kepuasana kerja
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
SB
VIII

VII.          Perencanaan dalam manajemen keperawatan ; aplikasi rencana strategi
1.      Konsep perencanaan  manajemen keperawatan
2.      Definisi dan pentingnya perencanaan dalam manajemen keperawatan 
3.      Komponen (5 W + 1 H) dan Kriteria Perencanaan (S ; Sistematis, M: Measurable, A: Accountable, R: Realistsi, T: Orientasi pd waktu)
4.      Lingkup aplikasi rencana strategi
·   Kabid
·   Kepala Bangsal
·   Penanggung jawab shift
·   Ka Team
·   Pembimbing Klinik
5.      Perhitungan tenaga keperawatan   : Direktorat pelayanan keperawatan   Dirjen Pelayanan medik Depkes 2002
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi
LI
IX

VIII.       Pemimpin dalam memanajemen konflik dalam Organisasi keperawatan 
1.      peran dan fungsi pemimpin
2.      strategi penyelesaian konflik; kompromi/negosiasi, akomodasi, kompetisi, dll

SB
X

IX.             Manajemen konflik dan menegakkan strategi penyelesaian konflik
1.      Pengertian konflik
2.      Penyebab konflik
3.      kategori konflik; intrapersonal, interpersonal, dan antar kelompok
4.      Proses konflik
·   Konflik laten
·   Felt konflik
·   Konflik yang nampak/sengaja dimunculkan
·   Resolusi konflik
·   Konflik’aftermath”
5.      Strategi Penyelesaian Konflik:
·   Kompromi/negosiasi
·   Kompetisi
·   Akomodasi
·   Smoothing
·   Menghindar
·   Kolaborasi
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi
SB
XI

X.       Sistem pengorganisasian asuhan keperawatan  
1.menjelaskan sistem pengorganisasian asuhan keperawatan   metode fungsional
2.Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode fungsional
3.menjelaskan sistem pengorganisasian asuhan keperawatan    metode penugasan team
4.menjelaskan sistem pengorganisasian asuhan keperawatan   metode kasus
5.menjelaskan sistem pengorganisasian asuhan keperawatan    metode keperawatan   primer (MPKP)
  • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode fungsional
  • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode team
  • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode kasus
  • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode primer
  • Definisi, contoh penerapan, keuntungan , dan kelemahan metode primer modifikasi
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi
LS
XII

XI.             Konsep dan prinsip, dan kewenangan  dalam pendelegasian dan supervisi
1.      Pengertian delegasi
2.      aspek penting dalam pendelegasian
3.      wewenang yang didelegasikan
4.      pengertian supervisi
5.      Fungsi dan tujuan supervisi
6.      prinsip supervisi
7.      teknik supervise
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
LI
XIII

XII.          Sistem klasifikasi pasien dalam ruang lingkup manajemen keperawatan
1.      Pengertian sistem klasifikasi pasien
2.      Tujuan sistem klasifikasi pasien
3.      kategori sistem klasifikasi pasien
4.      melakukan klasifikasi pada kasus
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
LI
XIV

XIII.        Konsep dan penilaian mutu asuhan keperawatan  
1.      Pengertian mutu
2.      pengertian mutu pelayanan kesehatan
3.      Dimensi mutu asuhan keperawatan  
4.      ciri mutu askep
5.      pengertian standar
6.      Tujuan SAK (Standar Asuhan keperawatan   ) : SK Dirjen Yanmed: YM.00.03.2.6.7637/1993)
7.      Komponen SAK (Standar I-VI)
8.      Pelaksanaan Evaluasi Penerapan SAK ; instrumen A, B, dan C
9.      Pelaksanaan Evaluasi Penerapan SAK ; instrumen A, B, dan C

Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
LI
XV

XIV.       Mempraktekkan ronde keperawatan 
1.      Pengertian  ronde keperawatan 
2.      Tahapan ronde keperawatan 
3.      Hal yang dipersiapkan dalam ronde keperawatan 
4.      Komponen terlibat dalam ronde  keperawatan 
5.      prosedur pelaksanaan ronde keperawatan 
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
Sr. G
XVI

XV.          Pelaksanaan asuhan keperawatan   metode fungsional
1.      asuhan keperawatan  metode fungsional
2.      persiapan dalam pelaksanaan metode asuhan keperawatan  fungsional
3.      Prosedur pelaksanaan asuhan keperawatan   metode fungsional
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
Sr. G
XVII

XVI.       Pelaksanaan asuhan keperawatan  metode team
1.      asuhan keperawatan   metode team
2.      persiapan dalam pelaksanaan metode asuhan keperawatan   team

3.      Prosedur pelaksanaan asuhan keperawatan   metode team
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
SB
XVIII

XVII.    Pelaksanaan asuhan keperawatan  metode primer (modifikasi)
1.      asuhan keperawatan  metode team
2.      persiapan dalam pelaksanaan metode asuhan keperawatan  team
3.      Prosedur pelaksanaan asuhan keperawatan  metode team

Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
SB
XIX

XVIII. Peran delegasi dan supervisi dalam manajemen
1.      Pengertian delegasi dan supervisi
2.      prinsip dan teknik supervisi
3.      prosedur delegasi dan supervisi dalam manajemen keperawatan
Ceramah,
Tanya jawab,
Diskusi, Praktik lab.
Sr.G.



                                                  

                                                                                                                       
Mengetahui,                                                    Medan,                        2011                                                                                                                                                                                             
Lilis Novianingrum S.Kep., Ns.                                              Seri Rayani B., SKp.
  Ka. Prodi S1 Keperawatan                                                     Koor. M.A.                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar